Investasi Endowment Fund ITB Melalui Program Salam Ganesha

Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan penggalangan dana abadi atau biasa disebut dengan Endowment Fund yang diperoleh melalui donasi atau sumbangan alumni dan/atau lembaga lainnya. Dana tersebut dikelola (diinvestasikan) dan kemudian hasilnya dimanfaatkan untuk mendukung kemajuan ITB. Salam Ganesha merupakan program resmi milik ITB (MWA ITB, Rektorat ITB, BPUDL ITB) yang dibuat untuk melakukan penggalangan Endowment Fund ITB serta dikelola secara profesional oleh Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB. Sebanyak 60% dana investasi tersebut akan digunakan untuk kegiatan operasional akademik seperti kesejahteraan dosen dan guru besar, beasiswa prestasi, dana penelitian serta revitalisasi infrastruktur. Sedangkan, 40% sisanya akan diinvestasikan kembali ke berbagai portofolio investasi.

 

Semua usaha pengelolaan dana oleh BPUDL bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan potensi ITB sebagai salah satu institut terbaik bangsa dalam rangka mendukung kemajuan pembangunan nasional. Pada proses pelaksanaannya, BPUDL menerapkan strategi PRIME (membangun kePercayaan, Reorganisasi, aktivitas Investasi yang cermat dan terukur, Membesarkan dana kelolaan, dan Empati ke stakeholders). Pengelolaan dana dilakukan secara akuntabel, jelas dan terbuka agar mampu membangun kepercayaan sehingga orang tidak ragu menempatkan dana lestari di ITB. Selain mengelola dana, lingkup usaha BPUDL juga meliputi 12 unit usaha komersial, yang terdiri atas: Badan Pengawas KSP-Hotel Bumi Sawunggaling, Pengawas KSO-Sasana Budaya Ganesha dan Unit Usaha Pendukung (UUP) Penerbit ITB.

 

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk melakukan donasi dalam program Salam Ganesha, seperti melalui campaign donasi general pada halaman website salamganesha.id atau melalui halaman campaign yang ada di angkatan masing-masing. Metode donasi yang digunakan dapat dipilih sesuai keinginan donatur, meliputi: transfer langsung ke BPUDL, donasi via Kitabisa atau menggunakan autodebet via Kitabisa.

 

Selama penggalangan dana tiga (3) tahun terakhir, penerimaan pokok dana abadi Endowment Fund ITB meningkat setiap tahunnya. Meningkatnya jumlah dana abadi, sejalan dengan dengan peningkatan total investasi pokok Endowment Fund ITB yang dapat dilihat pada tabel berikut:

Statistik Penerimaan dan Investasi Endowment Fund ITB

Hingga bulan Agustus 2020, berdasarkan data pada laman salamganesha.id dana yang telah berhasil dikumpulkan sebesar Rp9.7 Milyar yang berasal dari 222 orang donatur.

Sumber: salamganesha.id

 

Penulis: Vinka A. Patricia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *