Komposisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan ITB

Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan yang diharapkan akan mampu menciptakan anggota masyarakat yang memiliki kompetensi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi maupun seni yang dapat bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, bangsa dan negara. Lembaga pendidikan tinggi yang hadir diperuntukkan sebagai media bagi peserta didik agar mampu mengembangkan diri sesuai dengan disiplin ilmu yang dipilih melingkupi misi Tridharma perguruan tinggi.

 

Dalam menjalankan proses pendidikan tinggi tentunya diperlukan tenaga kependidikan serta pendidik. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 pasal 39 (2), pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Pendidik merupakan tenaga professional yang merencanakan, melaksanakan maupun menilai pembelajaran serta membiming, melatih dan meneliti seperti guru, dosen, tutor, instruktur, pamong belajar, konselor, widyaiswara, fasilitator atau penguji. Sedangkan tenaga kependidikan merupakan anggota masyrakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan Pendidikan. Bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan (UU No.20 THN 2003, PSL 39 (1)).

 

Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu instansi pendidikan tinggi tentunya berperan aktif dalam memfasilitasi proses pembelajaran pendidikan tinggi sesuai dengan standar yang ada. Standar untuk tenaga kependidikan serta pendidik terangkum dalam standar mutu pendidikan ITB tahun 2019 Nomor 4 yang dibuat oleh Satuan Penjaminan Mutu ITB (SPM ITB) dengan isi sebagai berikut.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan ITB

Standar ini dibuat untuk mendukung standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, serta terkait dengan standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran sesuai dengan isi dari Permenristek Dikti no 44 tahun 2015, pasal 26 sampai 30. Hingga bulan April 2020 tercatat ada 1522 pendidik dan 1392 tenaga kependidikan yang tersebar dalam beberapa golongan, jabatan serta tingkat pendidikan yang terangkum pada gambar di bawah ini.

Komposisi Tenaga Pendidik ITB Per April 2020

Komposisi Tenaga Kependidikan ITB Per April 2020

Sumber :

Dashboard ITB 

Satuan Jaminan Mutu ITB

Penulis

Vinka Aprilla Patricia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *