Kelompok Keahlian di ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi di Bandung yang berfokus pada pengembangan ilmu dan teknologi. ITB memiliki 13 Fakultas dan atau Sekolah dengan berbagai macam program studi dan kelompok keilmuan yang turut mendukung keberjalanan akademik untuk setiap program studi yang ada. Kelompok keahlian tersebut antara lain :


  • FITB ITB (Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB) fakultas ini merupakan pemekaran dari Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (FIKTM) yang diresmikan pada tahun 2007 berdasarkan SK Rektor Institut Teknologi Bandung nomor 040/K01/SK/OT/2007. FITB Memiliki 4 (empat) program studi S1 : Oseanografi, Meteorologi, Teknik Geodesi dan Geomatika dan Teknik Geologi. Empat (4) program studi S2 (Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Geomatika, Sains Kebumian dan Teknik Air Tanah) serta tiga (3) program studi S3 (Sains Kebumian, Teknik Geologi dan Teknik Geodesi dan Geomatika). FITB ITB memiliki 10 kelompok keilmuan yaitu : Paleontologi dan Geologi Kuarter, Petrologi, Volkanologi dan Geokimia, Geodinamika dan Sedimentologi, Geologi Terapan, Oseanografi, Sains Atmosfer, Geodesi, Survey dan Kadaster, Hidrografi serta Inderaja dan Sains Informasi Geografis (INSIG).

    Pengenalan Prodi dan Pameran Karya Matakuliah PRD FITB Tahun 2018


  • FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan salah satu fakultas tertua yang berada di ITB dibentuk pada tanggal 6 Oktober 1947 dan hingga kini FMIPA ITB memiliki 11 program studi untuk jenjang S1 sampai dengan S3 yakni Astronomi, Fisika, Kimia, Matematika, Aktuaria Sains Komputasi, Pengajaran Matematika, Pengajaran Fisika, Pengajaran Kimia, Ilmu dan Rekayasa Nuklir serta Rekayasa Nuklir. FMIPA ITB memiliki 210 dosen tetap dan 39 orang professor. Fakultas ini memiliki 16 bidang keilmuan Kelompok Keilmuan/Keahlian, yakni: Astronomi, Aljabar, Analisis dan Geometri, Matematika Kombinatorika, Matematika Industri dan Keuangan, Statistika, Biokimia, Kimia Analitik, Kimia Anorganik dan Fisik, Kimia Organik, Fisika Bumi dan Sistem Kompleks, Fisika Elektronik Material, Fisika Teoretik Energi Tinggi, Fisika Instrumentasi dan Komputasi, Fisika Nuklir dan Biofisika, dan Fisika Magnet dan Fotonik.


  • SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan) berdiri pada tahun 29 Agustus 2005. Per tanggal 1 Juni 2019 SAPPK ITB memiliki 114 orang staf akademik dan 57 orang staf non akademik dengan 12 program studi yaitu Perencanaan Wilayah dan Kota (S1, S2, S3), Arsitektur (S1, S2, S3), Rancang Kota (S2), Studi Pembangunan (S2), Transportasi (S2, S3), Terapan Perencanaan Kepariwisataan (S2) dan Arsitektur Lanskap (S2) dengan 9 kelompok keahlian : Perencanaan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Perencanaan dan Perancangan Kota (PPK), Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota (SIWK), Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan (P2PK), Perancangan Arsitektur (PA), Teknologi Bangunan (TB), Perumahan dan Permukiman (PP), Sejarah, Teori dan Kritik Arsitektur (STK) dan Sistem dan Pemodelan Ekonomi (SPE).


  • FTI (Fakultas Teknologi Industri) diresmikan pada tahun 1973 dengan total 14 program studi Strata 1 ( Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Program Studi Sarjana Teknik Fisika, Program Studi Sarjana Teknik Industri, Program Studi Sarjana Manajemen Rekayasa, Program Studi Sarjana Teknik Bioenergi dan Kemurgi dan Program Studi Sarjana Teknik Pangan), Strata 2 (Teknik Kimia, Teknik Fisika, Instrumentasi dan Kontrol, Teknik dan Manajemen Industri dan Program Studi Logistik) dan Strata 3 (Program Studi Doktor yaitu Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik dan Manajemen Industri).  Saat ini terdapat 15 kelompok keahlian pada FTI ITB yaitu : Perancangan dan Pengembangan Proses Teknik Kimia, Perancangan dan Pengembangan Produk Teknik Kimia, Energi dan Sistem Pemroses Teknik Kimia, Teknologi Reaksi Kimia dan Katalis, Teknologi Pengolahan Biomassa dan Pangan, Teknik Fisika, Instrumentasi dan Kontrol Fisika Bangunan, Material Fungsional Maju, Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, Sistem Industri dan Tekno-ekonomi, Ergonomi, Rekayasa Kerja, dan Keselamatan Kerja dan Sistem Informasi dan Keputusan.

    Kelompok Keahlian Manajemen Industri FTI adakan Seminar UMKM Tahun 2017


  • FSRD ITB (Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB) diresmikan pada tahun 1984 setelah mengalami perkembangan sejak 1 Agustus 1947. Terdapat 5 program studi untuk tingkat strata 1 yaitu : Seni Rupa, Kriya, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior dan Desain Produk. Untuk strata 2 terdiri atas program studi Seni Rupa dan Desain. FSRD ITB memiliki 9 kelompok keahlian yaitu : Seni Rupa, Estetika dan Ilmu-ilmu Seni, Manusia dan Ruang Interior, Komunikasi Visual dan Multi Media, Manusia dan Produk Industri, Kriya dan Tradisi, Ilmu-Ilmu Desain dan Budaya Visual dan Literasi Media dan Budaya.


  • STEI ITB (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika) diresmikan pada 1 Januari 2006 yang hingga kini memiliki 140 orang staff pengajar dosen dan 6 program studi S1 (Sarjana Teknik Elektro, Sarjana Teknik Informatika, Sarjana Teknik Tenaga Listrik, Sarjana Teknik Telekomunikasi, Sarjana Sistem dan Teknologi Informasi, dan Sarjana Teknik Biomedis), 2 program studi S2 (Teknik Elektro dan Informatika) serta program studi S3 Teknik Elekto dan Informatika. Program studi tersebut mencakup 9 kelompok keilmuan yang terdiri atas : Teknik Biomedis, Teknik Komputer, Sistem Kendali dan Komputer, Teknik Ketenagalistrikan, Elektronika, Informatika, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak dan Pengetahuan dan Teknik Telekomunikasi.

    Pengenalan Fakultas STEI kepada mahasiswa baru 2019-2020


  • FTMD ITB (Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB) berdiri pada tahun 2008 dan saat ini memiliki 81 orang dosen pengajar dengan 9 program studi untuk strata 1 hingga strata 3 program studi tersebut adalah : Teknik Mesin (S1, S2, S3), Teknik Dirgantara (S1,S2,S3) dan Teknik Material (S1, S2,S3). FTMD ITB memiliki 7 (tujuh) kelompok keilmuan antara lain : Perancangan Mesin, Konversi Energi, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Produksi Mesin, Fisika Terbang, Struktur Ringan dan Desain Operasi Perawatan Pesawat Terbang.

    Pengenalan Kelompok Keahlian FTMD Kepada Mahasiswa


  • FTSL ITB (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB) terbentuk pada tahun 1973 dengan nama Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) yang mencakup beberap ajurusan seperti Geodesi dan Arsitektur. Saat ini terdapat 13 program studi yang terdapat di FTSL ITB yaitu Teknik Sipil (S1, S2, S3), Teknik Lingkungan (S1, S2, S3), Teknik Kelautan (S1, S2), Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (S1), Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air (S1), Pengelolaan Sumber Daya Air serta Pengelolaan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi (S2). Selain itu terdapat 10 Kelompok Keahlian di Fakults Teknik Sipil dan Lingkungan, yaitu: Rekayasa Struktur, Rekayasa Geoteknik, Teknik Sumber Daya Air, Rekayasa Transportasi, Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Teknik Pantai, Teknik Lepas Pantai, Rekayasa Air dan Limbah Cair, Pengelolaan Udara dan Limbah dan Teknologi Pengelolaan Lingkungan.


  • SITH ITB (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB)
    didirikan pada tahun 2006 berdasarkan  SK Rektor ITB No. 222/SK/K01/OT/2005 tentang Pengelolaan Satuan Akademik di
    lingkungan ITB. SITH ITB memiliki 2 cabang ilmu yakni bidang Sains (SITH-S)
    berlokasi di kampus ITB Ganesha dan Rekayasa (SITH-R) berada di Kampus ITB
    Jatinangor. Total terdapat 6 program studi S1 yaitu : Biologi, Mikrobiologi,Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, Teknologi Pasca Panen. Tiga program studi S2 : Biologi, Biomanajemen, Bioteknologi dan 1 program studi Doktor : Program Studi Doktor Biologi. Kesepuluh program studi tersebut mencakup 8 kelompok keilmuan antara lain : Agroteknologi & Teknologi Bioproduk, Bioteknologi Mikroba, Ekologi, Fisiologi, Perkembangan Hewan &Sains Biomedika, Genetika & Bioteknologi Molekuler, Manajemen Sumber Daya Hayati, Sains & Bioteknologi Tumbuhan dan Teknologi Kehutanan.

    Worksop Series Kelompok Keilmuan Genetika dan Bioteknologi Molekuler 2020


  • SF ITB (Sekolah Farmasi ITB) didirikan pada 6 Oktober 1947 dengan nama Departemen Farmasi, di bawah fakultas yang bernama Faculteit
    voor Wiskunde and Natuurwetenschapen
    . Hingga kini terdapat total 5 program studi (Sains dan Teknologi Farmasi, Farmasi Klinik dan Komunitas, Magister Farmasi, Magister Ilmu Keolahragaan, Magister Farmasi Industri), program doktor yang berfokus pada Sains dan Teknologi Farmasi serta Profesi Apoteker. SF ITB memiliki 5 kelompok keilmuan yakni : Biologi Farmasi, Farmakokimia,Farmakologi-Farmasi Klinik, Farmasetika dan Olahraga.


  • FTTM ITB (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB) sejak awal berdiri mengalami 5 (lima) perioda restrukturisasi yang menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi untuk mengatasi masalah padamasanya. Memiliki 5 (lima) program studi yakni : Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Metalurgi dan Teknik
    Panas Bumi dengan kelompok keahlian : Teknik Pemboran, Produksi dan Manajemen Migas, Teknik Reservoir, Teknik Geotermal, Teknik Pertambangan, Eksplorasi Sumber Daya Bumi, Teknik Metalurgi, Geofisika Terapan dan Eksplorasi, Seismologi Eksplorasi dan Rekayasa dan Geofisika Global.


  • SBM ITB (Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB) merupakan
    satu-satunya sekolah /fakultas di ITB yang memiliki bidal ilmu humaniora dan manajemen. SBM ITB memiliki 5 (lima) program studi yakni : 2 program studi S1 (Manajemen dan Kewirausahaan), 2 (dua) program studi S2 (Administrasi Bisnis dan Sains Manajemen) dan strata 3 Sains Manajemen dengan 6 kelompok keilmuan yaitu : Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi, Manajemen Manusia dan Pengetahuan, Manajemen Operasi dan Kinerja, Pengambilan Keputusan dan Strategik Negosiasi, Strategi Bisnis dan Pemasaran dan Risiko Bisnis dan Keuangan

  • Sumber : Dashboard ITB

    Penulis : Vinka Aprilla – T. Geodesi dan Geomatika 2017

    You may also like...

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *