Capaian Program Kerja ITB Periode 2016-2020

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang penting dalam membantu meningkatkan daya saing Indonesia diantara negera-negara lain khususnya dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Untuk mencapai sasaran tersebut maka ITB mengalami perubahan yang awalnya bersifat teaching university kemudian menjadi research university hingga saat ini mengarah menjadi enterpreneurial university. Dengan menjadi enterpreneurial university ITB memiliki tiga (3) ciri utama,  yakni :


  1. ITB menghasilkan lulusan yang memiliki kesiapan tinggi dalam menghadapi dunia pekerjaan
  2. Riset dan penelitian yang dihasilkan bertujuan untuk pembangunan bangsa
  3. ITB mampu menghasilkan produk dan inovasi untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat

Selain perubahan sifat tersebut diperlukan sinergi dari semua komponen kampus untuk membantu mewujudkan RIP (Rencana Induk Pengembangan) yang kemudian diturunkan menjadi empat (4) harapan MWA-ITB. Pada periode tahun 2016-2020, pengembangan ITB mengacu pada “simpul jaringan internasional dan pemimpin kemandirian teknologi bangsa” yang menjadi dasar dalam perumusan rencana strategis ITB.

Penyusunan rencana strategis untuk periode tahun 2016-2020 dilakukan untuk memastikan ketercapaian kinerja berbagai bidang yang berada di ITB. Target capaian tersebut dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu :

1.Bidang akademik dan kemahasiswaan

Capaian Program Kerja Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

2. Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan

Capaian Program Kerja Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan

3. Bidang Sumberdaya dan Organisasi

Capaian Program Kerja Bidang Sumberdaya dan Organisasi

4. Bidang Sarana dan Prasarana

Capaian Program Kerja Bidang Sarana dan Prasarana

5. Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan

Capaian Program Kerja Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan

Target capaian yang telah dibentuk merupakan hasil kerjasama semua pihak untuk terus membangun ITB menjadi lebih baik. Keberhasilan yang diperoleh adalah tolak ukur dari berbagai tantangan yang dihadapi. Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang dalam membentuk organisasi serta mengelola sumberdaya yang ada agar mampu bersinergi dalam berbagai bidang untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing ITB di kancah dunia.

Sumber data :

Ditulis Oleh :

Vinka Aprilla Patricia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *