Peroleh Hak Anda Terkait Informasi Publik Kampus ITB Lewat PPID ITB

Tercetusnya Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 terkait dengan informasi publik disadari sebagai upaya serta keinginan pemerintah untuk menciptakan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan serta bertanggungjawab. Untuk mencapai cita-cita tersebut maka dibentuklah badan publik, salah satunya ialah PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). PPID berfungsi untuk memenuhi layanan informasi publik dalam bidang penyimpanan serta pendokumentasian guna membantu masyarakat memenuhi haknya dalam mengetahui informasi yang bersifat internal maupun eksternal, semuanya harus dilakukan secara transparan.


Maraknya kasus penggelapan oleh pejabat perguruan tinggi menjadi sebuah acuan bagi pemerintah untuk mengaplikasikan secara penuh transparansi serta keterbukaan informasi publik di lingkungan pendidikan tinggi. Dibentuk pada tahun 2016 PPID ITB telah mendapat penghargaan keterbukaan informasi publik sebagai PTN : Menuju Informatif yang diberikan oleh KIP (Komisi Informasi Pusat) dengan nilai antara 80-89,9. ITB turut berperan aktif dalam membangun informasi publik yang transparan, salah satu cara efektif yang dilakukan adalah dengan membangun PPID ITB berbasis digital. Hal ini dilakukan sebagai inovasi guna meningkatkan pelayanan.


Akun Instagram Resmi PPID ITB


            Dengan teknologi, masyarakat dapat mengakses informasi dan mengajukan keberatan kepada PPID melalui E-mail, Website serta aplikasi smartphone berbasis Android. Pilihan menu yang tersusun secara baik sesuai kelompoknya membuat kita lebih mudah dalam menemukan informasi. Selain itu, terdapat pula data statistik laporan yang telah diajukan. Masyarakat juga dapat memantau kegiatan melalui berbagai akun media sosial seperti: Facebook (PPID ITB) , Instagram (@ppid.itb), Twitter (@ppid_itb), dan YouTube (PPID ITB). Tampilan media sosial-nya pun dibuat informatif dengan berbagai infografis serta mudah untuk diakses dan dipahami.


Channel Youtube Resmi PPID ITB


Terdapat 3 (tiga) kategori informasi yang dapat diakses oleh masyarakat, yaitu: informasi publik yang diumumkan secara berkala, informasi publik yang diumumkan secara serta-merta dan informasi yang tersedia setiap saat. Dari ketiga kategori tersebut terdapat banyak spesifikasi data dan informasi yang dapat dengan mudah diketahui masyarakat. Selain itu, masyarakat juga dapat mengisi formulir online untuk melaporkan informasi baik pengaduan, permohonan atau pengajuan keberatan.  PPID ITB juga membuat laman blog yang memuat artikel informasi terkait kegiatan/berita maupun opini. Untuk membantu kinerja, PPID ITB juga membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui PPID.


Selain secara online, PPID ITB juga membuka layanan tatap muka yang berlokasi di Information Center ITB setiap hari Jumat pukul 07.30 – 16.30 WIB. Masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan, atau bertanya mengenai ITB bisa langsung datang ke Information Center ITB.


Adanya transparansi yang dilakukan PPID ITB kiranya menjadi acuan serta teladan bagi lembaga-lembaga yang belum melakukan sistem transparansi informasi. Agar terwujudnya pemerintahan yang efektif serta efisien juga bertanggungjawab dibutuhkan kerjasama setiap elemen masyarakat untuk mencegah adanya penggelapan atau korupsi dengan mendapat dan mengerti mengenai informasi publik yang ada dan jangan takut untuk melapor jika memang mengetahui adanya kekeliruan yang terjadi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *