Seberapa Tangguh Riset yang Dihasilkan ITB?

ITB telah menganggarkan dana untuk kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan inovasi sejak beberapa tahun yang lalu, namun jumlah dana yang dianggarkan dirasa masih belum memadai untuk mencapai target KPI ITB, sehingga mulai tahun 2017 dikeluarkan program riset baru yaitu Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi ITB (P3MI-ITB).

 

Program ini dimaksudkan untuk mendukung penguatan dan peningkatan kinerja penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi sebagai ujung tombak peningkatan produktifitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi ITB. Serta membangun atmosfir riset yang baik dan budaya penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi yang kokoh di tingkat Kelompok Keahlian dalam mewujudkan ITB entrepreneurial university terpandang di Asia.

 

Selain program P3MI, program Penelitian yang telah rutin didanai oleh ITB sejak tahun 2004 adalah Program Riset ITB. Program ini terdiri dari skema Program Riset Unggulan Pusat Penelitian, Program Riset Kelompok Keahlian, Program Riset Peningkatan Kapasitas serta Program Riset Multidisiplin. Masing-masing skema ditujukan untuk meningkatkan keterlibatan dosen dalam kegiatan Penelitian serta memperkuat terwujudnya produk-produk Penelitian unggulan ITB.

 

Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, ITB juga terus mendorong penerapan hasil ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui program pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan masalah bangsa. Hal ini diwujudkan dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat yang didanai oleh ITB dan telah dimulai sejak tahun 2010.

 

Selain itu dibangun sebagai bentuk dukungan terhadap program pembangunan berkelanjutan, Institut Teknologi Bandung telah meluncurkan ITB SDGs Network pada 27 Januari 2019 di kampus ITB. Melalui ITB SDGs Network ini diharapkan menjadi wadah kolaborasi civitas akademika ITB dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia.

 

Tujuan pendirian ITB SDGs Network ialah untuk mendukung tercapainya tujuan SDGs secara global dan mendukung pelaksanaan program SDGs di Indonesia sampai 2030 dan seterusnya, menjadikan ITB ikut serta dalam berperan mendukung kegiatan bermuatan teknologi dalam mengakselerasi tercapainya tujuan-tujuan SDGs.

 

Produktifitas hasil penelitian di ITB dapat dilihat melalui beberapa parameter ditinjau dari kuantitas dan kualitas yaitu jumlah dan distribusi publikasi.

 

Berikut distribusi judul penelitian per fakultas yang dihasilkan ITB di tahun 2017.

 

 

Dari data diatas di dapat beberapa hal yang bisa di lihat. Pertama kontribusi judul FMIPA adalah yang paling tinggi. Hal ini seperti diketahui dari data tracer study ITB disebabkan oleh beberapa hal. Karakter dosen di fakultas diluar FMIPA mempunya kesibukan menjalankan usaha konsultansi teknik. Kontribusi di bidang konsultansi ini tidak bisa diremehkan karena membantu pekerjaan berbagai sektoral berjalan baik.

 

Kedua kontribusi judul penelitian di FTI dan STEI menyusul di urutan 2 dan 3. Hal ini sejalan dengan data dari Kementrian Perindustrian tentang Rencana Induk Pembangunan Nasional bahwa fokus riset untuk pembangunan nasional salah satunya pada 2 hal yaitu sektoral data mining dan penguatan industri.

 

 

Distribusi nilai kontrak rata-rata yang diberikan untuk setiap riset ternyata tidak sebanding dengan jumlah penelitian yang dilakukan. Hal ini didasari pada data Kementrian Perdagangan terkait biaya produksi industri di Indonesia bahwa produksi di industri tinggi teknologi mempunyai nilai kontrak yang lebih tinggi.

 

 

 

Scopus di dekade ini menjadi salah satu parameter kekuatan riset sebuah lembaga di dunia. Kontribusi ITB di Scopus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Sampai di tahun 2016, riset yang berafilisiasi dengan ITB berjumlah 7.120 publikasi.

 

Kontribusi riset yang besar dari ITB diharapkan menjadi pelecut semangat untuk selalu berinovasi demi kesejahteraan manusia khususnya di Indonesia. 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *